Ekskul Tari Saman

by 07:51 0 comments
Team tari Saman SMK Al-Musyarrofah mulai hadir sekitar Tahun 2012 . . .
Ekskul yang berisi wanita-wanita cantik dengan seribu tangannya ketika menari ini merupakan ekskul yang melestarikan Budaya daerah Indonesia yaitu budaya kesenian masyarakat Aceh.

Tari Saman merupakan tari tradisonal yang berasal dari suku Gayo. Tari saman biasanya disajikan dalam acara-acara penting terutama acara perayaaan adat. Syair dalam tari saman pun mengandung makna yang sangat dalam sebagai khazanah kebudayaan suku gayo. Latar belakang hadirnya tari saman juga untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lebih dikenal dengan “Maulid Nabi Muhammad SAW”. Tari saman ini diciptakan oleh seorang Ulama di Aceh yang bernama Syeikh Saman. Yang sebelumnya merupakan permainan rakyat Gayo yang bernama “Pok Ane”. Dalam Unsur Syair saman yang dilantunkan oleh seorang syeikh dan beberapa penari secara beriringan dan bekelanjutan dimana syair saman mengandung kalimat-kalimat yang berisikan pujian-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Kami sebagai Penari saman pun biasa tampil diacar Maulid Yayasan Pendidikan kami yakni Yayasan AL-Musyarrofah . . . dari berdirinya ekskul ini kami terbiasa tampil diacara maulid, terkadang juga kami tampil ketika Demo Ekskul saat MOS, Wisuda Kelas XII, dan acara2 lainnya.

Alhamdulillah Pada akhir tahun 2015 kami mengikuti Lomba, dan ini kali pertama kami mengikuti lomba, demi mengikuti lomba tersebut kami terus berlatih sepulang sekolah, karna ada beberapa teman kami yang baru mulai ikut ekskul ini, hari demi hari kami berjuang dan akhirnya tepat pada Hari Sabtu, 19 Desember 2015 bertepat di FIP Muhammadiyah Jakarta kami pun menampilkan hasil dari latihan kami, meski sempat nerves tapi kami tetap yakin, kami tampil pada nomor urut 5 dari 8 peserta, setelah kami tampil dan peserta lainpun tampil, pengumuman pemenangpun tak lama dibacakan oleh dewan juri... dan hasilnya adalah ......... yaaa hasilnya adalah kami hanya berada di posisi ke 4 dari jumlah poin penilaian juri. namun yang mendapat Juara hanya Juara 1 dan 2.

Meskipun kami belum membawa kemenangan itu, tapi kami sangat senang sekali dan bangga bisa menyalurkan hobi kami dan dipercayai oleh sekolah kami untuk memberikan yang terbaik... ini merupakan awalan menuju kesuksesan di kejuaraan berikutnya, dan Kami akan terus berusaha dengan semangat kami, kekompakan kami dan DO'A kami . . . 











Unknown

Developer

Berilah komentar pada tiap Postingan yang telah kau baca, agar menjadi ilmu baru untuk kalian dan tentunya untuk kami juga. | TERIMA KASIH ^.^!.

0 comments:

Post a Comment